Senin, 25 September 2023

Makanan dan Perjalanan Waktu

 Pernah gak sih kalian sampe "nangis" karena terharu pas makan? "Kok bisa ini enak banget!! Asli enakkk bangettt!! Seperti ada di syurgaaa!!! Mo nangis, mo meninggal!!"

.

Ya, begitulah kira-kira 😀

.

Sebenernya udah lumayan basi sih buat ngebahas betapa lebay-nya manusia-manusia ketika dihadapkan dengan makanan yang enak di lidah mereka.

Manusia doang?

Iya, emang cuma manusia yang biasa mengekspresikan diri. Emang lo pernah liat kucing makan sambil geleng-geleng kepala pas dikasih royal canin? Kan enggak, cuma manusia doang yang "aneh-aneh" di dunia ini emang.

But, anyway udah lama gak ngepost tulisan lagi, semoga kalian pembaca blog ini tetep betah ya, karena mungkin beberapa waktu ke depan gue bakal lebih sering lagi nulis.

Kembali ke awal, sebenernya gue nulis ini setelah ngeliat video-nya Nihonggo Mantappu pas mereka trip ke Shanghai dan makan di restoran yang udah berdiri lebih dari 100 tahun. Salut banget! bisa ada orang yang betah jualan makanan yang sama selama 100 tahun lebih, gak kebayang mamang-mamang cireng betah jualan segitu lamanya.

"Cireng Mang Adi, Berdiri Sejak 1923", gempor gempor dah tu kaki.

Belum lama ini juga lagi viral tentang perselisihan antara food reviewer yang cukup panas, tapi gue gak mau ngebahas itu sekarang, karena lebih baik mengorek kuping sendiri daripada kuping orang lain.

Ya, gak nyambung, tapi gapapa.

Makanan menurut gue adalah salah satu warisan (bisa dibilang) yang bener-bener dititipkan oleh manusia-manusia zaman dulu. Gak kebayang dulu gimana prosesnya sebuah "pecel" ditemukan, apakah sebelumnya pecel pakai kacang kuning? (lancang kuning maksudnya), atau gimana orang-orang di zaman dulu bisa nemuin mie? yang notabene harus diolah jadi tepung dulu, terus dicampur-campur, digiling, dijilat, dicelupin?

Waktu gue nulis ini, ada semangkok indomie goreng di depan laptop, terus gue kepikiran, orang zaman dulu gak ngerasain enaknya indomie goreng ya, lalu ada makanan apa lagi di masa depan yang gak sempet gue makan? mikroba goreng krispi?

(ngantuk, ntar dilanjutin)

Jumat, 21 April 2023

Perjalanan

Hello para penggemar, sudah lama kita tidak bersua. Mudah-mudahan kalian yang masih baca blog ini bisa segera membeli kinderjoy 1 kardus ya! Jadi, gue nulis postingan ini di malam takbiran, bukan karena gak takbiran, tapi karena gue lagi pengen cerita aja. Sebenernya pengen cerita di twitter aja tapi kok kayaknya bakal kepanjangan, jadi dimana lagi kalau bukan di blog tempat berbagi cerita gue, kan?

Langsung aja.

Singkat cerita setelah menyelesaikan 5 tahun masa kuliah gue memutuskan untuk mengambil jalan karir di digital marketing. Berbekal keyakinan bahwa scorpio jago dagang, gue bisa dibilang cukup "nekad" buat lintas benua lintas samudera dari jurusan gue yang notabene ngurusin kesejahteraan masyarakat dan ke dunia bisnis. Sebenernya gak baru-baru banget sih gue, 2018-2019 gue sempet kerja di dunia digital marketing (sambil kuliah tentunya) dan sempet berusaha hidup di sana, tapi akhirnya gue menyerah karena harus terus-menerus mengorbankan duit beasiswa gue dan belum juga ada hilal keberhasilan berupa pundi-pundi keuntungan a.k.a. benih-benih kekayaan.

Miris emang :"

Ke-"Nekad"-an gue ini bukan tanpa alasan, ada beberapa hal yang akhirnya membulatkan to... maksudnya tekad gue untuk meninggalkan karir jurusan gue dan beralih ke dunia digital marketing. Pertama, orang yang ngajak gue buat join ke dunia digital marketing ini adalah temen SMP-SMA gue yang udah gue tau luar dalemnya, jadi sudah pasti gue percaya poll dong sama dia. Kedua, doi juga udah membuktikan bisa jadi orang tajir melintir terkiwir-kiwir musafir takbir!!! dengan menggeluti dunia digital marketing dari jaman kuliah. Ketiga, doi juga ngasih tau kalo potensi kerja di digital marketing itu gede banget, bahkan bisa dapet gaji berkali-kali lipat UMR. Nah, kalau udah dihadapkan sama jalan terbuka di depan mata kenapa harus cari jalan lain, kan? Setuju?

Lanjut.

Agustus 2022. Bulan sebelumnya gue akhirnya berhasil menyelesaikan studi sarjana gue setelah berdarah-darah mengerjakan skripsi sampe lupa makan, mandi, dan lupa mematikan kompor (ini true story), intermezo, rumah temen gue sempet hampir kebakaran karena gue kelupaan pas lagi masak air dan ditinggal main game, literally masak air aja gosong. Kembali ke cerita, setelah gue selesai sidang tawaran itu datang, di sebuah hotel di Jogja gue diberikan fasilitas berupa laptop tipis seharga motor dengan gambar apel yang udah kegigit di belakangnya. Pertanyaannya, siapa yang makan apel gak dihabisin?

Gue memulai perjalanan karir gue dengan ikut pelatihan intensif selama 3 bulan di Semarang. Sebenarnya di awal gue ragu karena katanya pelatihan sampai 9 bulan, kayak WHAT!! gitu kan, tapi ternyata cuma 3 bulan, isokey. Di sana gue dan temen gue (yang juga temen SMP-SMA) magang di sebuah perusahaan agensi periklanan sambil belajar Google Ads sama ahlinya. Pusing? sudah tentu, nyerah? enggak dong. Sebenernya bisa dikuasai, tapi emang butuh jam terbang banget. Gak jarang gue ngerasa burn out karena emang makanan sehari-hari gue dashboard Google Ads. Sambil makan ngeliatin dashboard, mau tidur ngecek dashboard dulu, bahkan mau buka dashboard aja gue buka dashboard dulu. Rumit bukan?

Time flies so fast, 3 bulan kerasa seperti 3 detik. Padahal awalnya gue bilang gini ke temen gue sepulang kerja hari pertama, "Wah kita harus melewati 89 hari lagi dengan rutinitas begini", tapi gak kerasa tau-tau kita udah harus cabut dari Semarang dan melanjutkan pekerjaan yang sebenarnya di kantor Solo.

Bagi gue Solo bukan kota yang asing-asing banget, begitu juga dengan Semarang. Beberapa kali gue nginep di kosan temen yg kuliah di Solo ataupun Semarang, jadi gak terlalu kaget sama kultur, budaya, ataupun aa' burjo nya. Salah satu hal yang unik tentang pengendara di dua lokasi tersebut adalah uniknya pengendara motor di Semarang, serta pengendara mobil di Solo, gausah gue ceritain karena kalian pasti paham apa yang gue maksud.

Kantor gue di Solo adalah sebuah kontrakan di sebuah komplek perumahan elit. Bagi beberapa dari kalian mungkin imej kantor adalah gedung besar, tapi bagi gue yang udah kebiasa tinggal dan beraktivitas dari satu kontrakan ke kontrakan lainnya, hal ini tidak mengagetkan. Yang mengagetkan kalau Blackpink mualaf. Tapi emang bener Blackpink mualaf?

Lupakan.

Januari 2023. Hari pertama masuk kantor, gue sangat excited, soalnya bisa ketemu orang-orang baru. Awalnya emang pada pendiem sih, namanya juga baru kenal. Sebagai orang yang diamanahi sebagai bapak rumah tangga, gue juga udah menyiapkan snack-snack serta makanan siap saji yang buanyak, supaya perut kenyang, kerja tenang, kerjaan gampang, hati pun senang. (gue berusaha supaya terlihat seperti kantin di perusahaan start-up sih)

FYI, ini rutinitas harian gue sebagai karyawan + penunggu di kantor:

04.30 Bangun solat subuh
04.45 Tidur lagi
07.30 Dibangunin buat mandi
07.50 Selesai mandi dan siap2
08.00 Mulai kerja
12.00 Solat Dzuhur
12.15 Keluar beli makan siang dan titipan warga
15.00 Solat Ashar
16.30 Selesai jam kantor (gak bisa disebut pulang karena emang gak kemana-mana)
16.45 Ngeyutub
17.45 Solat Maghrib terus keluar beli makan
19.00 Solat isya dilanjutkan dengan ngeyutub
23.00 Pindah ke kamar sambil nonton yutub
01.00 Tidur sambil yutuban

Terlihat monoton karena gue juga males buat kemana-mana. Tapi gapapa, gue juga seneng ngejalanin kehidupan gue yang begitu.

Dari awal gue dan temen gue berkomitmen buat bikin suasana kantor terasa homie, jadi meskipun kita kerja, tapi kita gak berasa kalau kita kerja, tujuannya ya biar enjoy aja karena emang di kerjaan ini sangat dibutuhkan performa sehingga ketika lingkungan kerjanya enak dan nyaman bakal meningkatkan performa kerja juga serta menghindari kemungkinan terjadinya lemak jenuh atau stress. Biasanya ketika jam kosong kita nonton netflix (yang selalu harus always nyetel filem horor, padahal penakut semua), atau main kartu UNO (meskipun juga memakan korban, bukannya makin akrab malah musuhan wkwk), atau juga main badminton tiap jum'at malem.

Singkat cerita.

Maret 2023. Di tengah teriknya matahari di hari minggu (pas Ramadhan pula), dateng lah temen gue ke kantor. Gue bener-bener gak expect apapun karena emang udah biasa gitu dan temen gue bilang sejak lama pengen ngobrol tapi belum sempet-sempet. Kondisi mulai serius, gue bingung, ada apa? ternyata petir di siang bolong is real!! gak ada angin gak ada hujan gue nerima kabar kalau kontrak gue dan temen gue gak bisa diterusin lagi karena masalah finansial kantor. Bahkan gak cuma gue, total akan ada 10 orang karyawan yang kena dampaknya. Tapi gue gak boleh bocorin informasi ini ke anak-anak dulu sampai doi ngumumin sendiri.

Ternyata merahasiakan apa yang akan terjadi itu bukanlah suatu hal yang gampang. Di tengah canda tawa anak-anak di kantor, gue cuma bisa diem karena gue tau ini akan segera berakhir. Siapa sangka kalau badminton sebelum Ramadhan kemarin adalah badminton terakhir, siapa sangka kalau snack bulan ini adalah snack terakhir yang bisa di-request (biasanya pada request snack emang, banyak maunya), siapa sangka secepat ini harus pisah?

Gue mungkin cukup terbiasa untuk beradaptasi di lingkungan baru, tapi siapa sangka dengan mereka hanya butuh waktu 3 bulan untuk bisa seakrab itu, terlebih lagi status kita sebagai rekan kerja. Lingkungan kerja yang seperti ini apakah akan ada lagi? bahkan untuk bisa akrab sama temen-temen kuliah gue aja butuh waktu tahunan.

Tapi, life must go on. Meskipun berat tapi memang sudah beginilah jalannya. Siapa sangka ini menjadi ujung jalan yang gue temuin dalam waktu yang singkat. Sekarang gue harus cari jalan lainnya dan yang ada di hadapan gue sekarang adalah kembali ke jenjang karir yang linier dengan jurusan gue. Gak tau apa yang bakal gue temuin nanti, tapi gue harus coba dulu dengan pertimbangan bahwa dunia digital marketing ini sangat dinamis, kita bisa keluar masuk kapan aja, jadi gak masalah di umur berapa nanti gue bakal kembali.

Buset, tulisan jadi serius amat.

Satu lagi, terkadang hidup rasanya kayak berjalan di tengah hutan rimba. Kita gak tau secara pasti apa yang ada di tengah perjalanan nanti atau kapan kita bakal sampai ke ujung perjalanan. Dalam perjalanan di hutam rimba kehidupan ini kita selalu dihadapkan dengan pilihan-pilihan baik itu jalur yang udah sering orang lewatin atau bahkan jalur baru yang harus kita buka sendiri (dan tentu butuh tekad dan keberanian buat lewat sini). Tapi yang terlebih dari semua itu, kita jangan berhenti di tengah-tengah atau kita bakal tersesat selamanya tanpa mencapai akhir macam apa dari perjalanan hidup ini.

Jumat, 23 Desember 2022

Nama Sama(r)an

 Setiap orang pasti punya temen yang namanya samaan. Entah itu antara temen SMP sama SD, temen kelas sendiri sama kelas sebelah, atau bahkan mereka ada di kelas yang sama?! Begitu pula yang terjadi pada temen-temen gue. Meskipun gak sepenuhnya mengenyam pendidikan di sekolah negeri, tapi beberapa temen gue memiliki nama sama (bahkan ada literally sama plek!) dan juga ada lumayan banyak temen gue yang namanya “rizki”.

Rizki everywhere. Gapapa, tiap hari juga dicariin itu rizki, bahkan ada yang sampe jadi TKI ke luar negeri cuma buat nyari rizki doang.

Nama emang boleh sama, tapi wapres pasti beda (wapres = watak, perilaku, dan sikap). Meskipun nama nya mungkin sama-sama dedi, tapi bisa saja yang satu tim bubur diaduk dan yang satu lagi tim bubur dipijet.

Biasanya yang membedakan antara kedua (atau lebih) temen yang memiliki nama samaan adalah dengan menggunakan ciri-ciri fisiknya, ya nggak? misal cahyo monyong, diki gendut, dimas tompel, fikri standing, ajis beol (biasanya yang dapet gelar ini pernah berak di kelas ini).

So, gue bikin tulisan ini karena sebuah postingan yang gue lihat di timeline twitter beberapa hari yang lalu.



Selama ini, “Dinda” yang gue kenal itu cuma 3. Dinda yang pertama adalah temen SD gue, Dinda yang kedua adalah temen SMA, dan Dinda yang ketiga adalah temen game gue. Cukup unik buat dibahas dalam sebuah tulisan karena boleh dibilang nama “Dinda” ini cukup banyak dipakai oleh ibu-ibu di seluruh Indonesia, tapi kenapa yang gue kenal cuma 3? kemana kalian wahai dinda-dinda lainnya?!

Oke kita mulai aja, Dinda yang pertama ini temen TK dan SD gue. Tapi kalo ga salah doi pindah pas kelas 2 atau 3 SD, jadi yang tersisa emang samar-samar. Tapi dulu denger-denger, denger-denger nih yaaaa, bukannya gue ge er, tapi kata temen-temen sih dulu doi naksir ama gue, cuma karena waktu itu masih bocah, ya itu gue anggep angin lewat aja, ga gue gubris. (yaelah bre, jangankan mikir cinta-cintaan, dulu mah lebih mikirin gimana caranya bisa maen PS ntar hari minggu). Sempet hilang kontak cukup lama, kabar beredar kalo doi fokus di modeling. Yah, mudah-mudahan sukses deh lo.

Kemudian, Dinda yang kedua. Kalo yang ini adalah temen kuliah gue. Termasuk salah satu temen cewek gue pas awal-awal jadi mahasiswa baru di kampus. Jujur aja selama SMP-SMA gue gak punya banyak kenalan cewek, karena sekolah gue yang di swasta, ditambah lagi isinya cowok semua, jadi emang sulit buat dapet kenalan atau temen cewek. Gue sama dia temenan cukup deket, sampe-sampe orang ngira kalo kita pacaran, padahal sebenarnya ya kita temenan biasa aja. Dinda ini anaknya pinter, cukup ambis, tapi gak keliatan ambis-ambis banget. Doi orang pertama yang lulus di angkatan gue, gak cuma itu, IPK nya juga gak maen-maen, hampir 4 cuy, udah gila. Orangnya juga care gitu, asik juga diajak ngobrol, pokoknya asik deh!

Nah, yang ketiga ini Dinda juga, tapi gue gak manggil Dinda, melainkan “Udin”. Bukan apa-apa nih, tapi berasa aneh kalo gue manggil Dinda, bikos kita kenalan dari game dan gak pake kenalan nama. Jadi manggil nama asli itu terdengar asing, aneh, mau salto aja. Lagian juga di real life dia nggak dipanggil Dinda juga, jadi yaudin ya Udin yaudin. Awal kenal si Udin ini pas maen sebuah game battle royal, dimana temen gue nyari temen mabar lewat twitter dan singkat cerita kita mabar. Pas awal kenal ga langsung akrab tuh, karena emang ga on mic orangnya. Tapi ternyata asik juga, pada dasarnya emang extrovert anaknya, senang berkenalan, kalo bahasa kerennya mah “social buttercookies”. Gamau panjang-panjang ah, ntar orangnya malah kepedean lagi. :p

Kamis, 11 Agustus 2022

Sekali Hilang, Emak pun Berang

Hola semuanya, eperibodi, eperiting! kalo kalian baca judul postingan ini, gue pikir kalian udah tau apa yang akan gue bahas. Meskipun terkesan sotoy tapi kayaknya ini terjadi pada hampir semua insan manusia yang tinggal di atas lapisan kerak bumi ini.

Emang ada manusia yang tinggal di selimut bumi? 🤔 

Sesuatu yang harus dijaga dan dipelihara. Sesuatu yang hanya bisa dipakai, tidak untuk dimiliki. Sesuatu yang awalnya terisi, tapi setelah habis tetap harus kembali.

Yak, tupperware! ✨



Fenomena ini tuh udah terjadi sejak jaman gue SD. Meskipun nggak terjadi sama gue secara langsung (soalnya emak gue ga termakan omongan sales tupperware), tapi ini tuh terjadi sama temen-temen gue. Sebut saja namanya Budi (pasaran banget tapi justru itu nama Budi menjadi nama samaran paling elit di Indonesia 👍). Si Budi ini ceritanya suka bawa bekal dari rumah. Iya gue tau dia “dipaksa” bawa bekal dari rumah sama emaknya. Karena menurut gue, bawa bekal itu semacam trik para orang tua supaya anaknya gak usah bawa uang saku.

Hal ini terbukti kalo dulu si Bu

di ini jarang banget dapet uang saku. Sekalinya bawa uang saku ya cukup buat beli 1 atau 2 jenis jajanan doang. Miris emang, tapi doi pinter. Bekalnya dibagi-bagiin sama temen yang lain, sebagai gantinya dia juga minta-mintain jajan orang. Smart but like a fart. Yup, karena orang yang ga minta bekalnya juga dimintain. 😑

Balik lagi ke tupperware.

Awalnya gue biasa aja sama wadah bekalnya si Budi. Emang sih bagus dan rada tebel emang bahannya. Hingga suatu ketika doi cemas pas wadah bekalnya HILANG. Udah dicari kesana-kemari, ketawa-ketiwi (ngapain malah ketawa), pokoknya udah dicari kemana-mana nggak dapet. Gue tatap mata Budi, di sana gue melihat ada ketakutan, kecemasan, dan kekhawatiran yang mendalam. Gue bingung dong, kok wadah bekal ilang aja sebegitu cemasnya dia, toh bisa beli baru, murah ini. (btw wadah bekal gue dulu paling harga 10 ribuan).

Untungnya, wadah bekalnya si Budi ditemuin di akhir pelajaran hari itu. Nggak sengaja ketelen sama Daniel pas minta mie goreng bekalnya Budi. Agak ekstrim sih emang si Daniel ini anaknya.

Di Hari itu gue baru tau kalo benda benama “tupperware” ini tuh muahal. Berkali-kali lipat harga wadah bekal gue. Gila aja nih penjual. Sampai gue tau kalo ternyata beginian ini dijualin sama sales-sales yang biasanya datengin ke rumah-rumah warga. Pernah waktu itu sekali ada sales tupperware yang mampir ke rumah. Kebetulan waktu itu gue lagi di teras dan ditanya “mamahnya ada dek?”

“Gak ada om, lagi ke rumah pakde”

Dan dia pergi.

Gak kebayang kalo waktu itu gue panggil emak dan ikutan beli tupperware, bahkan bisa kredit! Bisa mampus sekalinya ilang itu benda, soalnya gue emang teledor anaknya. Tapi akhirnya gue bisa menghindari skenario terburuk itu dengan sedikit memutar otak, yang tadinya menghadap kiri menjadi hadap kanan.

NB: gue ga bohong, emang rumah yang gue tempatin itu bekas rumahnya pakde xixixi 🤪



Senin, 08 Agustus 2022

Cerita-cerita Masa(siswa)

 Nggak terasa 2017 udah 5 tahun yang lalu. Yap! ga kerasa juga udah 5 tahun gue menyandang gelar sebagai mahasiswa. Masuk sebagai mahasiswa baru di salah satu univ paporit di Indonesia memang salah satu “keajaiban” yang gua dapatkan di tahun itu. Kalo dibilang pake usaha yang keras, gue rasa engga juga, karena jujur gue emang gak se-hectic itu buat belajar pagi-siang-sore-malam (dibandingkan sama temen-temen gue yang belajar bahkan sambil boker!). Tapi entah kenapa “hoki” gue lagi wangi aja pas pengumuman SBMPTN tau-taunya gue masuk univ ini.

Gue gak sendiri lolos ke univ ini, dari sekolah gue ada 3 orang “hoki” yang lolos lewat SBMPTN. Jujur hoki gue jelek banget dalam hal gatcha atau door prize. Nih ya, seumur hidup gue gapernah tuh yang namanya menang giveaway atau door prize. Saking nggak hoki-nya itu lho. Tapi kok yang ini bisa lolos? di satu sisi gue bingung, tapi di sisi lain ya kalo gak lolos malah makin bingung, kalo gue bingung orang tua juga bingung, kalo orang tua bingung nanti yang masak nasi siapa??

Eeee… lanjut aja. Oiya, kampus gue ada di kota pelajar. Salahnya gue, sebelum pergi melanjutkan perantauan ke sini, gue nggak riset dulu. Alhasil sesampainya disini, gue kira gudeg (yang harusnya makanan) adalah sebuah tempat kayak mall gitu. Bukan tanpa sebab, soalnya temen-temen gue di grup line pada ngajakin ke gudeg, kayak “ntar malam ke gudeg yuk”. Kan???

Singkat cerita gue beneran jadi mahasiswa di sini dan menjalani kehidupan mahasiswa pada umumnya. Kalo masalah makanan, prinsipnya cuma satu, “quantity is more than quality”. Tempat makan yang jadi langganan adalah tempat yang ngasih free refill nasi. itik. kok itik?

Sialnya, di tahun ketiga perkuliahan gue, pandemi COVID-19 dateng. Hasilnya? kuliah jadi full online. Gue ngerasain tuh jaman awal-awal kuliah online pake webex, aplikasi berat dan memakan kuota banyak. Terus gak kalah anehnya kuliah pake WA group, agak aneh emang, tapi itu proses sampai akhirnya zoom dan gmeet yang memenangkan pertarungan platform kelas online.

Lebih sialnya lagi, gue harus memulai skripsi gue di tahun-tahun COVID-19. Ya lebih tepatnya karena COVID-19 gue jadi super males buat mulai skripsi. Di tengah kemalasan itu, datanglah tawaran ikut proyek departemen dengan gaji yang “wow” buat para mahasiswa akhir kayak gue. Tapi masa gue ambil sih, ntar yang ada malah ga kelar-kelar skripsi gue. Mending selesein skripsi, terus langsung fokus cari kerja, cari duit. Gak mungkin gue nerima tawaran itu.

Ya, gue terima tawaran itu.

Tapi bentar, gue punya alasan logis kenapa gue harus ikutan proyeknya. Pertama, gue bener-bener belom tau mau nulis apa buat skripsi gue. Kedua, itung-itung ngumpulin niat buat skripsian, sekaligus ngumpulin duit kan ga salah ya?

Alhasil gue baru mulai fokus skripsi di semester ke-9. Di situ gue bener-bener fokus gak peduli halangan rintangan menerjang, takkan jadi masalah dan takkan jadi beban pikiran, yow, sun go kong is in the house yow (malah nyanyi). Eeee Lupakan

Lagi-lagi gue “hoki” di skripsi ini. Kenapa? karena gue dapet dosen yang fast respawn, dan tentunya tidak kolot, hehe. Dari mulai judul, penulisan, semua-semua deh dibantu sama beliau. Big respect deh pokoknya. Bimbingan sama beliau pun simpel, cukup upload progress pengerjaan di gdrive, tunggu 3 detik, nanti udah muncul revisinya. Ya nggak dong, paling sekitar 1-2 hari bakal dikasih tuh ntar revisiannya. Cepet dong?? ya jelas, dibandingkan pengalam temen-temen gue yang dapet dosen yang super sibuk. Ada yang bales email setiap jam 1 malem, terus kan segan ya kalo mau bales lagi, jadi nunggu hari selanjutnya. Ada yang bener-bener kaga mau di chat kalo ga di grup bimbingan. Bahkan ada yang suliiiiittttt banget buat dihubungi sama mahasiswa bimbingannya. Menurut pengakuan temen gue yang dapet dosen ilang-ilangan ini, lebih mudah untuk mengupas kelapa pakai gigi ketimbang menghubungi dosbing-nya.

Singkat cerita skripsi gue selesai setelah 10 bulan pengerjaan, dengan total membacot hingga 159 halaman. PInter? kaga, gue bener-bener ngarang dan banyakin kutipan-kutipan informan gue doang. Sampai waktunya 21 Juli 2022 kemarin buat gue SIDANG. Wow, sebuah pencapaian yang ditunggu-tunggu oleh semua orang. Sebelumnya, kata-kata kayak sidang, skripsi, sama lulus itu udah lebih horor dari pilem horor manapun. Efeknya menyebabkan deg-degan, keringetan, pusing, insecure, overthingking, beuh pokoknya serem abis.

20 Juli 2022, gue gabisa tidur, padahal udah mencoba tidur, merem, menghayal jadi orang kaya, tetep aja gabisa tidur. Kepikiran? oh ya jelas. Meskipun yang jadi dosen penguji gue bukan dosen-dosen killer, tapi gatau kenapa gue tetep aja kepikiran dan susah tidur. Gatau pas waktu lagi ngapain, intinya jam 2 atau 3an baru gue bisa tidur.

Ada satu hal yang unik di sidang gue. Pelaksanaan sidang skripsi biasanya jam 9 pagi paling cepet, tapi khusus gue, jam 8. Itu juga masih dipercepat lagi jadi jam 07.30 gegara salah satu dosen pengujinya ada acara jam 8. Mungkin itu menjadi sidang skripsi terpagi di departemen, atau mungkin di fakultas, atau bahkan universitas?

Dan setelah proses sidang yang berlangsung sekitar 1 jam 45 menit, gue lulus!!! Rasanya? plong banget!! hembusan nafas sarjana di pagi itu bener-bener berasa seperti aroma surgawi. Jalan kaki juga terasa lebih enteng, jalan kaki sarjana namanya. Minum juga terasa lebih segar, kesegaran sarjana namanya. Habis sidang gue melakukan foto-foto biar ada konten sosmed, terus ngapain? yak tidur. Oiya, tidur sarjana, membayar tidur semalam. Beuh enak banget pokoknya, pulen banget. Pules maksudnya, kalo pulen mah empuk jadinya gue.

Setelah sidang, terus apa?? gue malah kepikiran “gini doang? tau gini dari dulu wkwk”. Ya namanya proses ya ges ya. Bagian yang terpenting adalah mampu melewatinya. Gue saranin buat lo pada buat jangan nunda-nunda skripsi deh. Mending buruan kelarin dan rasakan perbedaannya. Kalo dah mahasiswa tua gini banyak godaannya soalnya. Lo harus selesain apa yang lo mulai. Kalo motivasi lo turun, inget usaha-usaha lo buat masuk kuliah dulu pas masih SMA. Okay!!



Selasa, 15 Maret 2022

Gatau Judulnya Apa

Hidup adalah privilege terbesar bagi seorang manusia

Terkadang sebagai manusia kita buta
Memilih untuk tidak melihat terhadap hal-hal yang sebenarnya jelas di depan mata
Kita terbutakan dengan keinginan, angan-angan, impian, tekanan?

Padahal yang lebih dari itu semua adalah kehidupan
Seperti apa itu kehidupan?
Apakah itu merupakan keinginan terbesar bagi kerikil dan bebatuan
atau angan-angan  dari sebuah dahan?

Kesempatan seperti apa sebenarnya kehidupan ini?
Harusnya diapakan kehidupan ini?
Kesempatan untuk beribadah?
Beribadah?
Dah.

Selesai.

Kamis, 10 Maret 2022

Filo(kopi) Sopi


"Kalau minum kopi itu dibayar, mungkin gue udah bisa beli pulau sekarang"
- Saya alias guweh

Kopi mungkin salah satu minuman yang paling populer di dunia saat ini, selain air putih, susu juga sih, oiya ada teh juga, sama air zam-zam juga, air conditioner juga, ah pusing pala sergio! Pokoknya siapa sih di dunia ini yang nggak tau kopi, karena literally dimanapun tempatnya, pasti kita bisa nemuin kedai kopi, ya minimal poto kopi lah.

Kalian kira ini postingan bahas kopi ya? SALAH (bacanya: salah besar), itu tadi sebuah kalimat pengantar pamungkas yang gue susun untuk membahas tentang dunia perpotokopian.

Why fotokopi? karena ini bahasan yang amat menarik menurut gue, di belahan dunia mana (selain Indonesia) yang hingga saat ini masih pake itu mesin fotokopi. Gue mikir, ini jangan-jangan alat ini memang diciptakan hanya untuk masyarakat Indonesia? alias dimanapun anda berada, tempat fotokopian pun ada, bahkan di desa, mungkin kalau ada mesin fotokopi yang tahan air, di bawah laut pun buka tempat fotokopi, aneh gitu...

Aneh banget, di zaman teknologi modern, apa-apa online, masih aja apa-apa kudu fotokopi ini fotokopi itu, berapa lembar, depan belakang, rangkap satu, rangkap dua, lempar rangkap... Kayak, why?? buat apa KTP lo dikasih embel-embel "electronic" kalo ujung-ujungnya masih disuruh fotokopi juga. Itu pemikiran gue sampai sebulanan lalu. Hingga suatu ketika gue menemukan berita mencengangkan yang mengatakan bahwa ternyata mesin fotokopi itu harganya mahaaaalllll banget, jutaan iya, ada sih yang ga nyampe 10 juta, tapi ada yang harganya sampe 60 juta!!! udeh gile...

Salah satu alasan kenapa usaha fotokopi masih laku aja sampe sekarang ya karena itu tadi, alatnya mahal, jadi yang instansi-instansi itu tuh, ya u know lah, makanya doi masih apa-apa fotokopi dulu. Terus apa coba, gue nemuin lagi nih berita yang cukup membuat bulu mata gue pengen copot, katanya pemerintah, alasan kenapa sampai sekarang masih pakai fotokopi yaitu "BIAR DATANYA AMAN DAN TIDAK BISA DI-HACK"

Okey...

Dari sini mungkin masih masuk akal sehat, kalau dokumen yang dicetak emang gabisa di-hack, tapi... emang gaperlu di-hack buat tau dokumen penting, cukup beli gorengan aja, dari rapot, soal UN, dan rahasia negara lainnya bakal dengan mudah ditemukan, inti rahasia dari sistem konvensional ini adalah tukang gorengan.

Kalau di 2022 ini masih ada orang yang pake tebak-tebakan kopi kopi apa yang keras, terus jawabnya fotokopian, semoga daging rendang di piringmu lengkuas semua!!!

Oke, kembali ke topik, sebenernya gue gapunya masalah pribadi sama dunia perpotokopian, gue suka fotokopi, gue suka nyium fotokopian, eeee maksudnya bau hasil fotokopian, seperti halnya bau bensin, duit, dll. Cuma gue bingung aja, mau sampai kapan ya budaya fotokopi ini? karena jujur kadang fotokopi itu ngeselin, dalam artian kudu fotokopi ini itu dulu sebelum ngurus-ngurus di instansi. Ribet aja gitu, toh dalam KTP kita juga ada sim-nya kan, yang gue kira dulu gue gaperlu ngurus sim lagi karena KTP gue udah ada sim-nya meskipun akhirnya gue salah karena ternyata beda sim.

Kadang gue juga aneh aja pas ngeliat ada kampanye save earth ala-ala pecinta lingkungan yang diprint terus difotokopi terus ditempel di pohon-pohon atau dinding jalan. Ini mungkin analoginya sama kaya bapaknya gen Halilintar kampanye program KB, 2 anak cukup, tapi nilai cukup mah C, saya maunya A, sangat baik.

Tapi sebagai mahasiswa, fotokopian itu bener-bener menolong, apalagi kalo pas mau ujian, materi dari dosen paling enak dibaca kalo udah diprint sama difotokopi, entah kenapa lebih cepat nempel materi-nya, apa jangan-jangan ini strategi yang dipakai sama penduduk atlantis dulu ya biar pada pinter? sampai akhirnya mereka tenggelam dalam kertas fotokopiannya sendiri? hmmm menarik.

Senin, 07 Maret 2022

Suka J-POP tapi bukan Wibu

Selera musik manusia memang berbeda-beda, ada yang sukanya dengerin lagu-lagu pop, ada juga yang suka jazz, ada yang suka rock, atau lagu-lagu indie yang lagi nge-trend belakangan ini. Jujur gue gapunya preferensi musik yang gue suka, semua tergantung sama mood, keadaan, situasi, kondisi, peradaban, dan daya juang (apasih?!). Oke lupakan, maksudnya adalah selama lagu nya ear catching dan enak didenger, bakal gue dengerin, bahkan lagu-lagu mars organisasi wkwkwk, ini beneran lho.

Salah satu genre musik yang suka gue dengerin adalah J-POP, dari namanya aja udah jelas ya kalau genre ini merupakan genre musik yang berasal dari sebuah negara yang huruf depannya J...

 Kalau ada yang mikir Jerman, baku hantam kita sini!1!1

Ya, betul, negara itu adalah Jepang. genre J-POP ini unik menurut gue karena lebih mengeksplor nada dengan variasi yang enak didenger. Selain itu juga umum nya punya bit irama yang lumayan energik, jadi cocok didengarkan saat belajar atau pas mau nguli. Dijamin proses pengerjaan rumah anda lebih cepat 30% jika kuli bangunannya sambil dengerin lagu-lagu J-POP

Umumnya lagu-lagu J-POP ini populer karena jadi Original Soundtrack-nya kartun jepang, atau yang lebih dikenal masyarakat dunia dengan anime. Sehingga memang umumnya penggemar genre ini merupakan makhluk-makhluk pecinta anime atau yang biasa disebut sebaga wibu. Sebenernya diksi "wibu" ini entah mempunyai makna positif atau negatif ya, karena kalau dibilang positif juga banyak ditemukan kelakuan para wibu yang abnormal, kalau dibilang negatif juga... ada banyak komunitasnya, berarti kan ngga dikit yah. Ya selagi nggak merugikan orang lain sih gue ngga peduli ya, kecuali kalau suatu saat wifi gue lemot karena dipake buat donlod anime 3 GB pake internet download manager. Kalau itu sih layak digebuk ya.

Oke kembali lagi ke topik awal, gue suka genre J-POP, gue juga suka ayam pop, kalo tiap pagi gue juga suka pop di toilet. Meskipun harus ada effort untuk menghafalkan liriknya, paling tidak biasanya nadanya gampang diikuti. Kalau dulu pas gue di asrama mungkin agak sulit ya karena dengerin lagu lewat MP3 Player, dan kudu ngeprint itu liriknya, sedangkan sekarang kan bisa langsung liat liriknya di youtube atau bisa langsung search liriknya. Tapi band Indonesia ada juga lho yang beraliran J-POP, pasti kalian tau ini band nya karena memang cukup terkenal di 2000an, yaitu band J-Rocks, dari namanya aja udah J-POP banget, tapi mungkin yang ini huruf "J" nya berasal dari Jakarta atau Jepara.

Kalau ada yang mikir Jerman lagi serlok sini!1!1

Gue tulis postingan ini karena gue lagi-lagi keracunan salah satu lagu J-POP yang sebenernya mungkin nggak baru, tapi gue baru denger ini lagu di live streaming salah satu streamer, kayak waw ini lagu enak banget asli. Judulnya Ame no Yume no Nazotte yang dipopulerkan sama Yoasobi, buat para pendenger lagu-lagu jepang mungkin ga asing sama ni orang karena emang lagu-lagunya enak-enak, dan nadanya mirip-mirip hehehe, gue berprasangka jangan-jangan semua lagunya diciptakan dalam suatu momen, dipisah-pisah aja wkwkwk

Beneran sampe gue rela dengerin lagunya di youtube berkali-kali sampai nyetel 1 hour loop lagu nya. Belum lagi gue juga nyetel di discord dan nyanyiin itu lagu alias karaokean berjam-jam, bukannya skripsian malah karaoke, huft, dasar! Coba deh kalian dengerin lagunya, asli enak, apalagi buat nemenin belajar atau kerja gitu.

Oiya, satu lagi yang bikin gue jatuh cinta sama lagu-lagu jepang adalah artinya yang punya makna deep serta penggunaan idiom-idiom yang keren (buat yang nggak tau idiom itu semacam istilah atau penggambaran atau analogi gitu deh). Gampang nya lirik-liriknya udah kayak puisi gitu, mungkin berbeda sama lirik-lirik lagu pop lokal yang biasanya langsung bablas aja kalo cinta bilang cinta gitu. TAPI, gue nggak setuju sama yang nyanyiin lagu-lagu jepang tapi pake bahasa non-jepang, NGGAK BANGET, jatuhnya maksain, emang udah bablas aja gitu emang udah bahasa sehari-hari kita, jadi ya enak gitu buat didenger. Tapi itu cuma opini gue aja, karena emang aneh aja kedengerannya.

Tapi balik lagi, musik itu masalah preferensi, tiap orang punya preferensi yang beda-beda, tapi kalau ada yang suka ngedangdutin lagu jepang, GAUSAH DITEMENIN!!!

Jumat, 31 Desember 2021

My 2021's Journey

 Yow hellow gaes. Welkambek tu mai blog. Tulisan ini mulai gue tulis jam 01.00 tanggal 31 Desember 2021. Yap 2021 tersisa 23 jam lagi kira-kira. Bagaimana 2021 kalian? apa saja wish-wish (caelah gaya bener), apa saja keinginan kalian yang udah tercapai? target-target? Gue harap kalian para pembaca sudah mendapatkan apa yang ingin kalian kejar di tahun ini. Meskipun tidak dapat dipungkiri 2021 ini masih merupakan "tahun kopid", Yap! lagi-lagi kita "kalah" setahun ngelawan si kopad kopid ini. But, life must go on ye kannnn....

Tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di tiap akhir tahun, sudah menjadi tradisi bagi para manusia untuk membuat rekapan tentang apa saja yang sudah dilewati dalam setahun belakangan. Tidak cukup sampai di situ, tentu aja dilanjutkan dengan memasang target-target yang ingin dicapai di tahun berikutnya. Gue sebenernya gatau ini siapa yang mulai tradisi beginian, tapi satu hal yang mengganggu pikiran gue, dulu Aristoteles, Plato, dan ilmuwan-ilmuwan lainnya apakah punya target memunculkan teori baru di tiap tahun??

Sepertinya tidak perlu dipikirkan teman-teman, karena cukup teori-teori mereka aja yang udah bikin kita pusing, jangan ditambah lagi, plis.

Okeh, back to the taufiq. Biar keren kayak orang-orang, di postingan kali ini gue bakal membagikan cerita, pengalaman, bahkan dokumentasi dari apa yang udah gue lewatin selama 365 hari di 2021 ini. Mungkin postingan ini akan cukup panjang, bagi kalian yang merasa sangat sibuk dalam urusan duniawi, mungkin membaca postingan ini akan menyianyiakan waktu anda. Tapi bagi kalian yang gabut, bingung mau ngapain, takut harga cabe makin naik, gasskan baca postingan ini sampai selesai. Oiya, sebelumnya gue mau ucapin terima kasih buat kalian yang mau baca tulisan ini hehe.

Januari 2021

Gue memulai tahun 2021 dengan mengikuti proyek dari Departemen untuk membuat pemetaan sosial di sebuah desa yang terletak di Kab. Tuban, Jawa Timur. Seharusnya proyek ini dimulai sejak Desember 2020, tapi karena dirasa mungkin orang-orang desa pada mau liburan, akhirnya diundur. Oiya, pengerjaan proyek ini dibagi menjadi 2 sesi, yaitu turun lapangan untuk pengambilan data, kemudian menulis laporan. Sedihnya, gue harus melakukan pengambilan data secara online lewat whatsapp call aja, karena cuma beberapa aja yang diizinkan turun lapangan, dan yang terpilih hanyalah mereka yang bisa ngomong pake bahasa jawa. Sebenernya gue bisa-bisa aja ngomong bahasa jawa, cuma ya bukan bahasa yang halus, sehalus sutera.

Ikut proyek ini merupakan salah satu cara cepat untuk memperoleh dana segar, karena sebelum turun lapangan gajinya udah turun setengah hehe. Tapi ya resikonya, skripsi gue harus ketunda. Karena emang harus sefokus itu gaes.


Bagi kalian yang mau tau bagaimana keadaan gue Januari 2021, mungkin gambar di atas bisa menjelaskannya. Itu merupakan menu makan malam gue pada tanggal 19 Januari 2021. Literally menggunakan tepung bumbu ayam goreng yang diberi air, kemudian digoreng layaknya bakwan, dimakan menggunakan sambal kecap dan nasi. Gizinya? ga ada. Yang pengting kengnyang.


Tapi gak tiap hari dong tentunya. Gue juga (kadang) suka masak-masak sendiri, tentunya dengan resep dari ibu. Kira-kira siklusnya begini. Kepengen masak > lupa resep > nelpon ibu nanya resep > beli bahan > masak sendiri > wah enak > repeat. Ga ribet sih sebenernya masakan gue, cuma kadang gue kurang suka masak karena udah kenyang duluan padahal belum makan. Gue tidak like.

Dan bulan Januari pun berakhir.

Februari 2021

Di bulan Februari ini sebenernya gak banyak yang gue inget. Karena bahan utama gue nulis postingan ini berasan dari gugel photo (terimakasih bill gates). Salah satu kejadian yang gue inget adalah di bulan ini gue dapet tawaran dari temen buat ikut proyek ayahnya (yang notabene petinggi BNPB) ke Lombok. Tugasnya simpel, cuma ngefoto dan ngedata rumah-rumah yang terdampak bencana gempa Lombok. Gak cuma itu, selain tiket gratis, di sana juga dibayar katanya. Why not? liburan sambil mencari cuan. Tapi sayangnya itu hanya impian belaka karena ternyata BNPB cuma memberangkatkan relawan-relawan dari Jatim aja. Agak kecewa sih, tapi rela bagi-bagi (itu mah nano-nano nougat). Mungkin belum rejeki waktu itu, alhasil yaudah ye kan.


Gak banyak foto gue di Februari 2021, paling ini doang. Meskipun berantakan, tapi lumayan estetik lah, kayak yang di intajram. Tidak ada yang begitu spesial di bulan ini, karena ya emang masih jamannya PPKM yang selalu diperpanjang, ngalah-ngalahin perpanjangan sim. Dan Februari 2021 pun berakhir sampai tanggal 28, karena 21 gabisa dibagi 4. Bisa sih sebenernya, tapi hasilnya bukan bilangan bulat, jadi ribet. Terus buat apa dipikirin?

Maret 2021

Seperti bulan-bulan sebelumnya, Maret 2021 gue lewatin dengan sedikit ingatan. Salah satu agenda rutin di bulan maret adalah mengucapkan hepibesdey buat emak. Oiya, di bulan ini juga gue lagi seneng-senengnya main sebuah game tembak-tembakan yang cukup populer, yaitu pabji mobel. Gue cukup sering memainkan game ini, karena emang punya party-an bareng temen. Gue bahkan sampai saat ini belum pernah ketemu langsung sama salah satu temen party-an game itu, namanya Daffa tapi gue manggilnya "pa dapa". Masih keinget banget tiap malem pasti temen-temen gue mengeluh karena gue terlalu semangat teriak "itu pa dapa, depan pa dapa, sini pa dapa!". Sayangnya pas postingan ini gue tulis, gue udah memutuskan untuk pensiun dari game tersebut. Tidak lain dan tidak bukan karena disebabkan oleh penggunaan storage internal hape yang nggak ngotak! 7 GB sendiri buat 1 game. Mungkin suatu saat ketika device gue udah mumpuni bakal gue mainin lagi.


Di bulan Maret ini juga sempat viral Mie Ayam Pakde Wonogiri di sosmed. Mie ayam dengan topping ayam menggunung. Lebih tepat dinamai ayam mie daripada mie ayam, karena lebih banyak ayam daripada mie nya. Cuma sayangnya gue ga sempet foto karena udah keburu laper wkwkwk. Jaraknya sekitar 30 Km dari Kota Jogja, perkiraan 50 menit buat sampe sana pake motor, kalau nggak mogok, atau bertemu dengan naga penjaga api suci di tengah jalan. Bulan maret ini kayaknya bulan penuh mukbang, dibuktikan dengan keisengan membeli cilok gajah (emang itu namanya) di alun-alun utara, dan jadilah mukbang cilok sampai trauma sama cilok sekitar semingguan.


April 2021

Miracle!! mungkin itu satu kata yang menggambarkan April 2021 gue. Setelah di bulan sebelumnya gue gagal berangkat ke Lombok untuk proyek BNPB, tiba-tiba gue dapet proyek dari Departemen buat penelitian pemetaan sosial di Lombok!!! Literally hanya berkisar 3 hari setelah diumumkan lolos sebagai asisten peneliti, gue dipanggil ke Departemen, lalu keajaiban itu datang. Lombok I'm coming!!



Gue super excited selama di Lombok. Secara gue baru menginjaki 7 pulau di Indonesia, dan ini Lombok gaes, tujuan pariwisata!! Ada sedikit cerita sih di awal kedatangan gue di sana. Jadi gue dan temen gue (berdua) ini dateng bener-bener kayak anak ilang. Kebetulan desa yang menjadi tujuan penelitian gue ini berlokasi pas di depan bandara, dan kita berdua bener-bener ga ada yang menyambut, hampir tanpa persiapan. Setibanya di sana, kita berdua jalan kaki untuk keluar wilayah bandara. For the first time in my life, keluar bandara jalan kaki!! karena dilema banget. Pengen naik taksi, tapi tujuan kita literally di depan bandara doang, paling 2 menit naik mobil keluar bandara udah nyampe wkwkwk. Tapi kalo ga naik taksi, dari ujung ke ujung ada aja yang nawarin, dibilang engga ya engga!! sampe kesel wkwkwk.

Gak cukup sampai situ. Kita berdua juga sama sekali gatau mau nginep dimana dan kondisinya waktu itu awal ramadhan, udah jam 4 sore WITA. Yaaa enaknya sih puasa hari itu kepotong 1 jam lebih cepat berbuka nya hehehe. Untungnya, pas banget di seberang jalan raya depan bandara, kita langsung menemukan kos-kosan yang letaknya di desa tujuan tadi, alhasil tenang lah hari itu.



Kalian pikir saya selama di Lombok jalan kesana kemari? oh tidak. Gue di sana cuma 12 hari, dan sekitar 10 hari kita pake buat ambil data, jadi cuma 2 hari kira-kira kita jalan-jalan buat liburan. Sebenernya bisa aja jalan-jalan, tapi kondisi puasa gaes, panas, mager (bikin pager), ya lebih baik tidur dongssss. Selain itu, posisi kita yang berada di Lombok Tengah bener-bener bikin kita males buat jalan-jalan, karena kalo mau liburan ya kudu ke Kota Mataram atau ke daerah Lombok yang lain. Cuman, ini gila sih, setelah searching-searching di gugel, dapatlah sebuah lokasi pantai yang bernama pantai pink. Pantai, tapi pink?? what??!! airnya pink?? itu air apa jus mangga??




Bener-bener pantai terindah yang pernah gue datengin. NUMERO UNO!! rasanya kayak bener-bener lagi di Lombok. Letaknya jauh di ujung timur pulau Lombok. Awalnya emang udah kehipnotis sama lautnya yang biru dan airnya yang jernih, tapi pasirnya nggak pink?? ternyataaaa awalnya emang gak pink, tapi lama-kelamaan jadi pink gegara pusing kena panas wkwkwk. Pasirnya emang ada pink-pink nya gitu gaes, katanya itu berasal dari koral-koral di bikini bottom.

Mei 2021

Setelah pulang dari Lombok, gue cuma 6 jam doang di Jogja karena gue langsung lanjut perjalanan pake kereta ke Blitar, Jawa Timur. Kebetulan di tahun ini lebaran jatuh di bulan Mei. Meskipun ada kopid, gas aja lebaran berkumpul sama keluarga. Konon katanya kopid tidak menular kepada keluarga, makanya kumpul keluarga tetep gas-gas aja.




Sepulang dari Blitar, entah kesambet apa tiba-tiba gue nekat buat adopt kucing. Itu kucing pertama yang gue adopt. Namanya Pika, dia cewe, dari ras persia medium, hasil perkawinan di luar nikah antara kucing persia dan kucing lokal. Sebenernya binatang peliharaan gue udah cukup banyak, ada landak mini, suger glider, iguana, sulcata, sekarang nambah lagi kucing.


Alasan kenapa beli kucing cukup simpel, dari semua binatang peliharaan, tidak ada yang bisa dipeluk dan dielus-elus. Landak mini? jangan ditanya, megangnya aja kudu ati-ati, boro-boro meluk. Selain itu, di bulan Mei 2021 ini gue memutuskan untuk mengakhiri kontrak kerjasama antara gue dengan Pak Mardi (pemilik kos) yang gue tempatin sejak 2018. Good bye kamar tercintah.


Juni 2021

Gak banyak yang gue inget di Juni 2021. Paling yang berkesan cuma "penyelamatan" salah satu sahabat gue yang nyaris kelewat batas karena kisah percintaannya. Gue langsung otw ke Semarang hari itu juga, keren ga sih gue? Beberapa hari kemudian gue ajak dia ke sebuah tempat healing yang menurut gue oke banget di daerah Gunung Kidul, yaitu Bukit Bintang. Sebenernya gak bintang-bintang banget sih (begimana dah), kayak langit tapi dibalik gitu.


Juli 2021

Di bulan ini lagi gencar-gencarnya orang buat nyari tempat vaksin. Pemerintah secara tiba-tiba kayak pasar kaget ngeluarin peraturan tentang vaksin yang mewajibkan sertifikat vaksin buat segala bentuk aktipitas, misal buat perjalanan dan ngurus ini itu di kantor pelayanan pemerintah. Sebagai perantau di Jogja, cukup sulit mendapatkan vaksin waktu itu karena rata-rata masih diprioritaskan untuk warga dengan KTP lokal. Tapi tiba-tiba di suatu malam tanggal 2 Juli 2021, jam 2 dini hari, temen gue dapet info ada kuota vaksin buat KTP luar Jogja di sebuah rumah sakit, kuotanya cuma 50 orang. Gue yang langsung dateng aja sisa 20 orang lagi kuotanya. Mayan ngantuk sih, soalnya kudu nungguin sampe subuh buat daftar vaksinnya. Untungnya terbayar sih, gue dapet kuota vaksin di awal-awal. Bonus pemandangan daerah di sekitar Pathuk.

Tapi kampretnya, seminggu setelah vaksin gue positif kopid :)

Nais banget emang, padahal udah vaksin tapi malah kena. Jujur gaenak banget gaes, gue yang udah vaksin aja gabisa tidur 4 hari, mata udah capek, tapi pusing banget gabisa tidur. Gue bener-bener baru bisa tidur setelah tes swab dan divonis positif. Berarti selama ini penyakit gue adalah rasa penasaran :)


Di bulan ini juga gue dikenalin sama sebuah game battleground dengan konsep kayak fortnite dan pabji, namanya sausage man. Awalnya gue ogah install itu game karena gue pikir sama aja kayak pabji, tapi akhirnya gue ikutan main buat nemenin temen gue, biar gak galau dan mikir jorok. Dengan nickname yang sama seperti sebelumnya Matelike.


Bonus foto Pika lagi nonton Olimpiade Tokyo 2020. Katanya dulu dia pengen jadi atlet bulutangkis juga biar bisa dapet sponsor Royal Canin seumur hidup. Tapi disuruh latihan gamau, malah tidur kayak kucing tidur.



Agustus 2021

Setelah sebelumnya gue berprinsip untuk fokus skripsian dan gamau ikut proyek lagi, akhirnya gue memutuskan buat ikut lagi alias lagi bokek dan harus bayar ukt wkwkwk. Untungnya proyek ini dilakukan full online karena waktu itu pemerintah masih perpanjang PPKM sampe sepanjang jalan Iqbal di video klip NOAH. Kalo ga salah bulan ini awalnya Shopeefood masuk ke Jogja dan seperti biasa, jiwa-jiwa yang haus akan promo ini sudah pasti hunting promo hingga ke ujung kulon. Alhasil dalam sehari bisa jajan segini banyak.


September 2021

September 2021. posisi gue adalah mahasiswa semester 9, akhirnya gue mengunjungi kembali Air Terjun Sri Gethuk yang pernah gue kunjungi pas kuliah lapangan di semester 3. Gak banyak yang berubah, tapi airnya lagi agak keruh aja. Meskipun buat dateng ke sana pake drama nyasar ke kuburan dengan rombongan yang full berpakaian hitam, udah persis kayak film men in blek.



Salah satu keuntungan punya temen yang udah sukses ya begini gaes. Ditawarin mau nginep malah milih di hotel dan ngajak sekalian ikut. Mau makan enak langsung dibawa ke restoran mahlun wkwkwk. Inget banget waktu itu masih sosoan diet, alhasil pesen half roasted chicken, nyesel gak minta beliin rumah hehehe, engga becanda.


Di tanggal 10 September juga pertama kali gue dapet temen mabar dari twitter. Meskipun perkenalannya tidak begitu baik (first impression mereka ke gue adalah tante-tante dengan nickname AnjayWijaya). Entah kenapa waktu itu gue lagi seneng banget sama kata "AnjayWijaya", kayak keren aja gitu. Dan berakhir sampe sekarang mereka manggil gue dengan panggilan Kak Anjay. Apa gue seneng? ya senenglah, bego, secara gue jarang banget punya temen dari game. Dan waktu itu bener-bener di rumah aja, mustahil punya temen baru dari real life. Pertemanan ini pun berlanjut ke twitter dan hingga terbentuklah grup Roger Gemink. Jujur waktu itu gue baru banget main (lagi) twitter, jadi ya rada ketinggalan gitu wkwkwk tapi bodoamat deh. First impression? buat Kateryn alias Avery alias Udin, orangnya seru, kayak easygoing gitu, tapi suka panik sendiri wkwk. Buat Lenz alias Alma, awalnya jujur agak sulit membedakan mana suara alma dengan udin, tapi akhirnya gue bisa membedakannya. Orangnya asik, enak diajak bercanda, dan emang suaranya khas wkwk. Kalo Dumm itu temen kkn, udah kenal dari lama wkwkwk.


Kurleb itu yang gue alamin di bulan September, ditambah lagi gue harus jadi budak desain buat sebuah event di kampus demi keberlangsungan skripsi gue :)

Oktober 2021

Oktober ini bulan yang cukup berat, karena gue harus kehilangan Pika. Pika ngeluarin bab darah dan mulutnya berbusa pada tanggal 9 Oktober jam 2 malem. Gue sama temen langsung bawa dia pake motor ke klinik hewan terdekat, untungnya ada yang buka. Tapi ternyata Pika gakuat lagi, dan dia menghembuskan nafas terakhirnya jam 07.50 di hari itu juga. Agak trauma sih pelihara kucing, karena masih ga terima penyebab kematian Pika, antara diracun atau karena virus, karena 5 kucing punya tetangga juga mati karena hal yang sama.


Di Oktober juga gue sempet ke basecamp gunung merbabu dengan tema perjalanan "menge-grill di alam terbuka hijau". Drama banget perjalanannya, motor revo 110cc gue dipake buat nanjak-nanjak gunung coba. Ibaratnya kayak mencoba menyedot boba pakai sedotan aqua gelas.


November 2021

Bulan ini merupakan bulan kelahiran gue, buat temen-temen yang udah ngucapin dan mendoakan, big love buat kalian semua, mudah-mudahan kalian selalu dikelilingi oleh hal-hal baik. Especially buat udin dan alma yang udah repot-repot beliin makanan, padahal kalian ga ikut makan wkwkwk. Untung yang dibeliin bukan keju ya ges ya :)

Di bulan ini juga gue mendapatkan pencapaian tertinggi selama gue main game sosis, yaitu rank legend. Meskipun agak sulit karena banyak juga orang yang ngincer posisi legend.


Di usia yang terbilang otw tua ini, gue menghadiahi diri gue dengan sebuah aquascape, meskipun harus sabar karena prosesnya gak sebentar, tapi hasilnya bolehlah, lumayan memuaskan.




Di penghujung November, diawali dengan pembicaraan iseng antara gue dan temen, "kayaknya pelihara kucing lagi boleh deh", "yaudah yuk cari di pesbuk". Datanglah sebuah kucing betina lainnya yang merupakan keturunan persia dan maine coon, dia diberi nama PQ (baca: pikyu). Kenapa betina? gatau dapetnya itu yang bagus wkwkwk. Tapi dari awal gue udah komitmen kalo ini kucing ga bakal dibolehin keluar rumah.




Desember 2021

Di Desember ini gak banyak hal yang spesial, semuanya berjalan sebagaimana semestinya. Tidur, skripsian, makan, solat, main game, repeat. Salah satu hal yang paling keren di Desember ini yaitu filem Spiderman: No Way Home. Setelah 2 tahun ga ke bioskop, film ini terlalu worthy sebagai pilem pertama gue setelah sekian lama ga ke bioskop. Pokoknya wajib nonton, apalagi ketika adegan itu, seisi bioskop langsung pada tepok tangan.


Selamat hari kebalikan, hehehe....



Ini adalah foto tanggal 31 Desember malam, jam 1 dini hari. Gue mulai menulis postingan ini biar bisa diposting di akhir 2021 ini.

Selamat tinggal 2021. Setiap kejadian pasti ada hikmahnya, setiap waktu yang dilewati tidak ada yang sia-sia.
Terima kasih 2021 dan segala hal yang sudah terjadi dan terlewatkan di 2021, apapun itu, siapapun itu.

2022? Here I go....

Sabtu, 20 November 2021

Badminton atau Goodminton?

Siapa yang gak tau sosok Greysia dan Apri yang beberapa waktu lalu abis menangin medali emas olimpiade Tokyo 2020 (tapi mainnya 2021 hihihi). Sejak kemenangan itu, hampir semua media tertuju sama keberhasilan pasangan ganda putri ini. Gak cukup sampe situ, hadiah yang mereka terima pun nggak cuma seribu atau dua ribu rupiah...

tapi tiga ribu...

Becanda, maksudnya hadiah yang kayaknya gak habis 7 turunan. Alias BANYAK BANGET!!!! mulai dari hadiah uang tunai, tarik tunai, setor tunai dan tunai-tunai lainnya, alias dibayar tunai, sah?

Belum cukup sampai situ, mereka juga dikontrak jadi bintang iklan, jadi brand ambassador berbagai macam produk, dan yang paling menarik adalah jadi bintang iklan produk kosmetik :)))
Atlet mana yang mau main sibuk skinker-an dulu wahai anak muda???

Apalagi jadi brand ambassador produk mie instan. Usus auto kejang-kejang melihatnya. Kayaknya kalo bisa itu usus mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pengolah makanan di perut.

Dengan hadiah yang seabrek-abrek dan ga ada henti-hentinya itu, wajar dong kalo orang-orang aneh di luar sana pada hype dan bercita-cita pengen jadi atlet badminton profesional dalam waktu singkat? Ya salah satunya gue.

Gue sebenernya suka badminton udah sejak SD kelas 3. Hal ini terbukti dari raket yang awet dari tahun 2007 sampe tahun 2020 kemaren. Apa hubungannya? ya tidak ada. Malah yang ada keanehan kenapa itu raket masih bertahan setelah 13 tahun lamanya. Kalau dianalogikan sebagai seorang anak manusia, mungkin itu raket sekarang udah kelas 1 SMP di sebuah SMP negeri terkemuka di Batam.

Setelah sekian lama gue vakum cleaner dari dunia perbulutangkisan, akhirnya gue bisa lagi main karena ternyata orang-orang aneh yang mau jadi atlit dadakan bukan cuma gue, tapi temen-temen gue juga. Awalnya sih coba-coba, tapi lama-lama ketagihan, terus akhirnya saya jadi bandar (kok?)

Kadang gue heran, kenapa dina makan badminton? kenapa dina gak makan nasi? pake lauk ayam goreng misal??

Eeee... maaf technical issue di otak gue.

Kenapa dinamakan badminton? padahal kan badminton itu termasuk olahraga dan menyehatkan. Apakah sebenarnya badminton itu permainannya anak-anak badboy? kalo gitu, apakah gue sekarang termasuk badboy??

Gue lebih setuju kalo nama badminton diubah jadi goodminton. Karena apa? ya karena banyak manfaatnya. Pertama, menyehatkan badan karena bisa bikin orang yang males jogging kayak gue ini gerak dan berkeringat. Kedua, goodminton ini bisa mempererat silaturahmi dengan teman-teman aneh lainnya yang juga pengen jadi atlit dadakan, sehingga kalau sewaktu-waktu pengen bikin padepokan orang aneh tinggal kumpulin aja temen-temen goodminton, ye gak? Ketiga, karena olahraga ini membutuhkan lapangan, alhasil nyewa gor, dan menyejahterakan pengelola gor, ye gak?

Pokoknya banyak deh. Intinya meskipun namanya badminton tapi ini good buat kalian semua wahai para manusia. Kenapa manusia? karena ribet kalo mahluk lain yang main badminton. Kucing? berdiri aja susah. Kaktus? gerak aja susah, malah menyimpan cadangan air. Pokoknya susah deh.